Kamis, 07 Juli 2016

Spending Time with A Good Things

Cara Bijak Mengisi Waktu Luang

Hai buat kalian yang saat ini lagi menghadapi yang namanya libur panjang.  Aku ucapin “Selamat berlibur dan selamat mengeksplor diri” kalian. Yap kalau kalian biasanya sibuk dengan pekerjaan atau dengan tugas-tugas kuliah yang menumpuk dan dikejar-kejar deadline sekarang kalian bisa terbebas sejenak dari semua itu. Kalian bisa memanjakan diri kalian. Kalian bisa pergi jalan-jalan,pergi ke salon atau mau tidur seharian pun juga nggak masalah. Tapi pernah ngrasa  nggak sih kalau biasanya kalian sibuk harus mempersiapkan presentasi, laporan praktikum dan dikejar deadline-deadline lain setiap harinya trus tiba-tiba pas libur panjang kalian merasa nothing to do. Buat kalian yang ngrasain hal kayak gitu aku ada beberapa tips yang bisa kalian coba buat ngisi waktu luang selama libur panjang. Jadi liburan nggak hanya terlewat begitu saja dengan tidur seharian dan malas-malasan. Tapi kalian bisa mengeksplor diri kalian buat lebih berkembang lagi. Check this out !

1. Bangun pagi dan berolahraga



Kalau selama kalian kuliah ataupun kerja kalian harus dan wajib bangun pagi, selama liburan pun juga harus gitu. Tetap biasakan bangun pagi. Kebiasaan baik harus tetap dipertahankan. Kalau biasanya setelah bangun pagi kalian mandi,sarapan terus langsung berangkat kuliah atau kerja waktu liburan pun tetap sama. Bedanya setiap habis mandi atau sebelum mandi kalian bisa berolahraga. Sekedar jogging atau bersepeda keliling kompleks sekitar rumah udah lumayan lah yang penting berkeringat. Apalagi buat kalian yang jarang olahraga dengan alasan nggak ada waktu. Nah sekarang lah saatnya. Ingat ya olahraga itu penting buat jaga kesehatan. Mensana in corpore sano. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kalau kalian sehat nglakuin aktivitas atau pekerjaan apapun pasti jadi lebih maksimal. Hasilnya pun pasti maksimal kalau kalian ngerjainnya juga maksimal.

2. Membaca buku


Kalau selama kuliah kalian baca bukunya waktu disuruh dosen aja atau cuma pas cari referensi buat bikin jurnal atau laporan praktikum aja. Yuk sekarang biasakan baca buku. Buku apa aja. Novel pun juga nggak masalah. Namanya juga membiaskan diri. Kalau kalian sudah terbiasa baca buku kalian akan senang buat baca. Kalau udah senang baca jangan cepat puas dengan baca novel aja tapi juga update informasi kalian dengan membaca koran atau majalah. Kalau sudah begitu kalian akan selalu “haus informasi”. (informasi yang bermanfaat lho ya). Kalian jadi seneng baca buku,dan nggak kudet sama hal-hal terkini.  Terus juga jangan lupa baca buku yang ada kaitannya sama bidang yang sedang kalian tekuni biar pengetahuan kalian bertambah dan diri kalian bisa lebih berkembang. Buku adalah jendela ilmu. Yap bener banget. kalian bisa tau apa aja hanya dengan membaca buku. Sekarang ganti kebiasaan mu jalan-jalan ke mall dengan jalan-jalan ke perpustakaan. 

3. Memasak


Kalau kalian suka memasak dan selama kalian kuliah ataupun kerja kalian nggak punya waktu buat nglakuin hobby kalian yang satu ini, nah sekarang lah saatnya. Kalian punya banyak waktu buat cobain resep-resep baru. Kalau masakan nya udah jadi jangan lupa undang teman kalian ke rumah buat nyobain hasil masakan kalian. Minta pendapat mereka yang udah cobain masakan kalian. Kalau mereka bilang enak pasti ada kepuasan tersendiri yang kalian rasain dan kalian jadi lebih bersemangat buat cobain resep-resep baru yang lain.

4. Travelling


Buat kalian yang memang udah hobby jalan-jalan atau travelling, momen libur panjang kayak gini jadi ajang yang tepat buat kalian menjelajah alam. Setelah sekian lama kalian terjebak dalam rutinitas yang membosankan kini saatnya kalian melihat dunia luar dan tantang adrenalin kalian. Atau yang hobby fotografi juga ini saatnya buat kalian memperbanyak koleksi hasil jepretan kalian dan mencoba objek-objek yang baru. Kalau kalian nggak suka travelling, saran saya sih cuma try it. lets go out and see. Kalian bakal dapat pengalaman yang seru, kalian bakal rileks dan kalian bakal bersyukur dan lebih dekat sama Tuhan setelah kalian melihat luar biasa indah ciptaan-Nya.

5. Menulis


Menulis bukan pekerjaan yang mudah. Butuh konsentrasi yang penuh buat bikin susunan kata yang tepat. Latih otak kalian dengan sering menulis. Mulailah menulis apa saja tanpa perlu memedulikan penempatan tanda baca atau standar baku penulisan. Dengan begitu otak kalian akan terus bekerja mencari susunan kata yang tepat. Dengan sering dilatih otak akan terus berkembang. Siapa tau dengan sering menulis kalian bisa menerbitkan sebuah cerpen atau bahkan novel dan menjadi seorang penulis terkenal. Dengan membiasakan diri dengan hal-hal kecil, maka kalian akan mendapatkan hal-hal yang lebih besar. Hanya karena sering menulis hal-hal yang sederhana untuk ditulis akhirnya terbiasa memmunculkan ide-ide dengan menulis dan akhirnya menjadi seorang penulis terkenal.

6. Belajar memainkan alat musik,



Percaya atau tidak musik mampu mengolah emosi menjadi lebih baik. Kalau kalian mengaku sebagai seorang penikmat dan penyuka musik tidak ada salahnya kalian mencoba belajar memainkan salah satu alat musik di waktu liburan kalian.

7. Mempelajari bahasa asing



Di era yang semakin global sekarang ini menuntut kita buat bersaing nggak hanya dengan masyarakat di dalam negara kita tapi juga sama masyarakat di seluruh dunia. Kalau dalam segi bahasa yang notabene adalah alat komunikasi aja kita masih lemah gimana mau bersaing ? nggak mungkin kan kita bicara sama orang China atau Amerika pakai Bahasa Indonesia ? pasti minimal pakai bahasa inggris lah. Nah untuk itu ayo sekarang perbanyak vocabulary kalian. Mulai banyak belajar bahasa inggris biar bisa bertukar pikiran sama orang-orang di seluruh dunia. Keren kan.

8. Berbisnis mandiri



Kalian bisa coba bisnis online atau jika kalian punya kerabat yang pekerjaannya berdagang kalian bisa membantu menjulakan dagangan mereka dengan mengambil untung sendiri. Berdagang itu nggak gampang. Pertama nggak boleh malu buat memperkenalkan dan menawarkan barang dagangan kalian. Terus juga kalian harus pandai berbicara biar orang lain tertarik dengan barang yang kia tawarkan dan akhirnya mau beli. Yaa istilahnya kalian harus punya strategi pemasaran yang baik. Lumayan banget kan kalau kalian untung bisa nambah uang jajan. Dan kalau untung banyak kalian jadi ketagihan buat berdagang. Belajar jadi seorang entrepreneur.

9.  Bersosialisasi



Mulailah bergabung dengan komunitas –komunitas yang sesuai dengan minat dan bakat kalian. Kalian akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki kesamaan dengan kalian. Selain menambah link pertemanan kalian juga akan terbiasa berdiskusi. Saling bertukar pikiran. Dengan banyak bersosialisasi membiasakan kalian untuk berani “berbicara” dan mengeluarkan ide-ide yang selama ini hanya kalian pendam. Bergabunglah pula dengan komunitas-komunitas sosial yang sering membantu orang-orang yang kurang mampu. Kalian akan merasakan nikmatnya hidup ketika kalian mampu bermanfaat bagi orang lain. Saran saya, bergabunglah dengan komunitas yang sekiranya akan membawa dampak yang positif bagi diri kalian.

Nah itu tadi beberapa tips dari aku buat ngisi waktu libur panjang kalian. Intinya adalah isi waktu kalian dengan hal-hal yang bermanfaat. Kembangkan diri kalian. Lakukan hobby apapun yang kalian suka dan dari hobby itu kalian bisa mendapatkan banyak manfaat. Atau biasakan diri kalian buat melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat. Gali potensi yang ada dalam diri kalian. Tetap semangat dan percaya pada mimpi-mimpi besar kalian karena itulah motivasi terbesar kalian buat terus jadi lebih baik setiap harinya.
Sekian dan terimakasih. Semoga bermanfaat.

A  dreamer,



Ajeng Windi