Sabtu, 23 Juli 2016

Sinopsis Buku "Jilbab Traveler. Love Sparks In Korea"







Orang yang dijuluki “Jilbab Traveler” itu bernama Rania. Rania merupakan anak terakhir dari tiga bersaudara dengan seorang kakak laki-laki dan perempuan bernama Eron dan Tia. Rania dan keluarganya tinggal di pinggiran rel kereta api. Bunyi berisik kereta api yang selalu melintas di depan rumahnya sudah menjadi hal yang biasa. Bahkan, Rania kecil dan kedua saudaranya sering sekali berlari mengejar kereta yang melintas. Dan dari situlah mimpi-mimpi Rania dimulai.
Rania sangat dekat dengan ayahnya. Ayah Rania selalu bercerita  mengenai sosok Penjelajah Muslim terhebat di dunia yang bernama Ibnu Batutah. Dari cerita-cerita ayahnya itulah Rania terobsebsi menjadi seorang penjelajah Sang ayah sangat mendukung keinginan putrinya itu. Tak lupa sang ayah selalu memberikan  motivasi kepada Rania untuk meyakini semua minpinya kelak pasti kan menjadi nyata. Kereta api yang setiap hari dikejarnya pasti suatu saat nanti benar-benar akan mengantarkan rania ke berbgai tempat terindah di bumi ini.
Namun sepertinya tak mudah bagi Rania untuk menggapai mimpi-mimpinya itu. Rania kecil sudah sering sakit-sakitan. Rania merasa dirinya tak mampu menggapai mimpinya. Untuk datang ke sekolah pun Rania tak sanggup karena harus menjalani pengobatan rutin setiap harinya. Namun orangtua Rania tak henti-hentinya memberi dukungan kepada Rania. Kedua orangtua Rania memanggil seorang guru privat bahasa inggris dan mandarin untuk mengajari Rania di rumah. Rania pun mulai senang menulis dan membuat sebuah cerita. Dari situlah satu per satu keinginan Rania mulai terwujud.
Rania mulai memberanikan diri untuk menjelajah. Dan dari setiap perjalanan yang ia lakukan hanya satu tujuannya yaitu dekat dengan Sang Pencipta. Berbagai lembah dan gunung telah berhasil Rania lewati. Tak hanya mejelajahi Indonesia aja namun juga berbagai negrara di dunia. Rania selalu menceritakan setiap kisah perjalanan nya sebagai seorang “ Jilbab Traveler” hingga akhirnya terbitlah belasan buku karya Rania yang ternyata sangat digemari oleh para pembaca.
Hal itulah yang akhirnya membawa Rania menuju kesuksesan. Berbagai tawaran mengisi acara talk show pun sering menghampiri. Tak hanya di dalam negeri bahkan undangan dari luar negeri pun sering ia terima. Dan salah satunya adalah undangan dari negara Korea Selatan. Meski beberapa kali dirinya pernah mengunjungi negara ginseng tersebut sebelumnya namun ada hal yang berbeda dari perjalanannya kali ini.
Dari perjalanannya ke Korea Selatan itulah ia akan bertemu seorang pemuda Korea bernama Hyun Gun. Yang dulu secara tak sengaja pernah menyelamatkannya dari pencopet saat ia berada di Nepal. Pertemuan diantara mereka berdua menjadi lebih sering terjadi dan dari situlah mulai tumbuh rasa cinta diantara keduanya. Hyun Gun mencintai Rania. Hyun gun secara tidak sengaja pernah mengatakan bahwa dia menyukai Rania Namun Rania tak terlalu mempedulikan mengingat Hyun Gun masih menyimpan Chin Sun didalam hatinya.
Takdir berkata lain, semakin Rania menjauhi Hyun Gun maka semakin Rania memikirkannya. Apalagi dikejutkan dengan pernyataan Hyun Gun yang mengatakan dirinya sudah masuk Islam sejak dirinya berada di Indonesia hanya saja dia belum secara sempurna melakukan segala yang diwajibkan dalam islam. Hal yang menjadi penghambat diantara mereka kini terasa sudah lenyap. Hyun Gun dan Rania memiliki keyakinan yang sama. Namun tentu saja bukan hanya itu yang dipertimbangkan. Masih banyak hal-hal lain yang menjadi pertimbangan Rania. Rania baru saja mengenal pemuda itu dan banyak hal yang belum Rania ketahui tentang Hyun Gun.
Selain Hyun Gun ada pemuda lain  yang juga mendekati Rania. Pemuda itu bernama Ilhan. Tetangga Rania di rumah barunya. Ilhan sudah sangat dekat dengan keluarga Rania. Bahkan keluarga Rania sering menjodoh-jodohkan Rania dengan Ilhan. Ilhan yang saat itu memiliki trauma dengan pesawat memberanikan diri melawan rasa taakutnya demi menyusul Rania ke Korea dan melamarnya. Rania menolak tawaran itu karena Rania tak mencintai Ilhan. Hyun Gun mengetahui hal itu. lantas Hyun Gun melakukan hal yang sama di keesokan harinya. Hyun Gun rela memangkas rambutnya yang gondrong dan mencukur kumisnya demi Rania.
Rania mulai menyadari bahwa yang ia cintai dan ia butuhkan adalah Hyun Gun. Rania mencintai Hyun Gun. Hyun Gun memberanikan diri untuk melamar Rania. Hyun Gun menyatakan bahwa da ingin menemani Rania kemanapun Rania pergi, ia ingin menjaga Rania. Seperti yang pernah ia tulis daalam gembok cinta di namsan tower saat ia dan Rania berkunjung kesana, Hyun Gun menuliskan “Fly with You”. Ia ingin terbang bersama Rania. Dia menyatakan bahwa Rania telah mencuri mimpi-mimpinya dan dia suka Rania.Lalu Rania pun akhirnya menerima lamaran Hyun gun.

Perjalanan hidup yang sungguh tak mudah namun dengan keyakinan kuat,kegigihan,semangat untuk terus mencoba serta doa kita akan bisa mencapainya.