Sabtu, 14 Januari 2017

Beryukur Menambah Nikmat

BERSYUKUR MENAMBAH NIKMAT




Tak ada manusia di dunia ini hidup tanpa ada masalah. Setiap orang memilikinya dengan porsi masing-masing. Porsi yang pas sesuai yang telah Allah tentukan. Bisa jadi sesuatu itu buruk bagi kita namun sebenarnya itu baik di mata Allah.

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216)

Membandingkan kemampuan satu orang dengan orang lain bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan. Karena setiap manusia dianugerahi kemampuan dan kekurangan. Iri terhadap apa yang orang lain dapatkan juga sikap yang kurang bijak. Kita tak pernah tau hal apa yang telah diambil Allah dari orang tersebut sehingga Allah menggantinya dengan kenikmatan. Iri dibolehkan sebatas jika itu merupakan kebaikan. Misalnya iri terhadap orang lain yang ibadahnya lebih bagus dan memotivasi kita untuk seperti dirinya. 

Tidak ada iri hati kecuali terhadap dua perkara, yakni seorang yang diberi Allah harta lalu dia belanjakan pada jalan yang benar, dan seorang diberi Allah ilmu dan kebijaksaan lalu dia melaksanakan dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Kenikmatan sejatinya tak perlu dicari. Kenikmatan sejatinya adalah ketika diri kita mampu menerima setiap apa yang didapat dan menerima setiap kejadian dengan penuh ikhlas hanya mengharap ridho Allah. Kenikmatan bukan mengenai sedikit banyak yang mampu kita peroleh namun seberapa banyak kita mampu menerima dan mensyukurinya.

Selalu berpegang teguh pada janji Allah bahwa Allah akan menambah kenikmatan jika kita mampu bersyukur.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat. [Ibrâhîm/14:7]

Self-reminder bagi diri saya sendiri khususnya dan teruntuk teman-teman yang saya cintai ayo mulai dari sekarang biasakan bersyukur terhadap apapun yang kita peroleh. Selama kita sudah kerahkan seluruh usaha seluruh daya upaya kita untuk memperoleh yang terbaik,apapun hasilnya tetap harus disyukuri. Jika apa yang kita peroleh ternyata tak sesuai dengan apa yang kita harapkan maka bisa jadi itulah yang terbaik bagi kita menurut Allah. Selalu katakan pada diri sendiri bahwa “ Allah pasti akan menggantinya dengan yang lebih baik selama aku terus berusaha serta berdoa”  Dan yakini di dalam hati bahwa apa-apa yang datangnya dari Allah pastilah itu merupakan kebaikan.
Bersyukur tak sebatas lisan yang berkata “alhamdulillah” tetapi harus benar-benar diyakini dalam hati bahwa kita merasa cukup dan merasa bahagia atas pemberian dan ketetapan-Nya.

Allâh Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

وَمَا بِكُمْ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللَّهِ ۖ ثُمَّ إِذَا مَسَّكُمُ الضُّرُّ فَإِلَيْهِ تَجْأَرُونَ

“Dan segala nikmat yang ada padamu (datangnya) dari Allâh, kemudian apabila kamu ditimpa kesengsaraan, maka kepada-Nyalah kamu meminta pertolongan.” [An-Nahl/16:53]

Tak lupa untuk selalu istighfar agar dijauhkan dari godaan syaitan. Syaitan bisa masuk melewati pintu mana saja. Lengah sedikit saja pertahanan iman,syaitan dapat dengan mudahnya menghasut. Selalu dekatkan diri kepada Allah. Memohon perlindungan kepada Allah agar dijauhkan dari segala penyakit hati seperti iri dan sombong.

إِنِّيْ لَأُحِبُّكَ ، لاَ تَدَعَنَّ فِيْ دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ تَقُوْلُ: اَللّٰهُمَّ أَعِنِّيْ عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ.

“Sungguh aku mencintaimu, janganlah engkau tinggalkan di akhir (setelah selesai) setiap shalat untuk mengucapkan ; ‘Ya Allâh, tolonglah aku untuk berdzikir (selalu ingat) kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, serta memperbaiki ibadah kepada-Mu’.”[5]


Jadi,cukup bahagia sewajarnya,sedih seperlunya dan BERSYUKUR SEBANYAK-BANYAK NYA YAA (: